Assalamualaikum Wr.Wb kawan semua.  

Disini kita akan membahas Pengenalan Komputer dan Teknologi Komputer yang diantara lain :


1. SEJARAH KOMPUTER

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to computer atau to reckon).

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data  elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.

Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia.

Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.

1.   Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia

2.   Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual

3.   Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik

4.   Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolah data pada golongan 2, 3, dan 4. Klasifikasi komputer berdasarkan Generasi juga akan dibahas secara lengkap pada tulisan ini.


2. PENGERTIAN KOMPUTER


Pembahasan pertama Kita mulai dengan pengertian komputer terlebih dahulu, Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika atau yang biasa kita kenal dengan hitung-hitungan, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir semua berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer saat ini dipakai untuk keperluan banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.



Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.



Orang yang mendesain salah satu mesin hitung pertama (mesin analitikal) adalah Charles Babbage. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer. Jadi singkatnya pengertian komputer bisa dirangkum sebagai berikut.

Komputer adalah perangkat alat elektronik yang mampu mengolah data untuk menyajikan informasi yang diinginkan.

Sebelum melanjutkan pembahasan materi mengenai pengenalan komputer ini, apakah Anda sudah tau bagaimana cara mengoperasikan komputer yang baik? kalo masih belum baca dulu artikel Saya mengenai hal tersebut yang sudah Saya tulis di blog ini juga.

A.PEMBAGIAN KOMPUTER


Nah sekarang sudah tau kan pengertian komputer yang sebenarnya, sekarang Kita lanjutkan pembahasannya mengenai pembagian komputerSecara garis besar, komputer dibagi menjadi tiga bagian yaitu Hardware, Software, dan Brainware. 



Hardware adalah perangkat keras komputer yang terdiri dari unit input (Pengisian/pengambilan data, contoh: Keyboard, Mouse, Scanner), unit proses (Pemroses data (RAM/ROM), Control Unit, Arithmetic & Logical unit) dan unit output (Bagian pengeluaran data. Contoh: Monitor, Disk Drive & Printer). Nah untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar berikut.

gambar hardware komputer


Software adalah perangkat lunak komputer untuk mengkontrol perangkat keras (hardware). Software bisa dikelompokkan dalam beberapa kategori antara lain:


  • Sistem Operasi (Operating Sistem) : Ms. DOS, Windows, MAC OS, dan Linux.
  • Program bantu (Utility) : Anti Virus, PC Tools dan Windows Explorer.
  • Program Siap Pakai (Aplikasi) :
    • Pengolah Kata (word processor) : WordStar, WordPerfect, Ms. word.
    • Pengolah Angka (spread sheet) : Lotus, Excel, Quattro Pro.
    • Pengolah Data (database) : Dbase, FoxPro, Ms Access.
    • Pengolah Citra (gambar) : CorelDraw, 3DStudio,  Adobe Photoshop.
  • Compiler / Interpreter : Pascal, Delphi, Visual Basic, Visual FoxPro.

Brainware adalah SDM (Sumber Daya Manusia) yang mengurusi komputer tersebut. Dibagi dalam beberapa kategori sesuai dengan tugasnya antara lain :
  • Operator : Bertugas mengoperasikan komputer.
  • Programmer : Bertugas membuat program siap pakai.
  • System Analyst : Bertugas menganalisa dan merancang sistem komputer perusahaan.

Jadi jika dirangkum dalam bahasa singkat mungkin pengertiannya bisa seperti pada kotak dibawah ini.

Hardware adalah perangkat keras komputer,
Software adalah perangkat lunak komputer, dan
Brainware adalah orang yang mengoperasikan komputer.

B. PENGERTIAN SISTEM KOMPUTER


Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).

C. PERKEMBANGAN KOMPUTER


Komputer dari sejak awal dibuatnya sampai dengan sekarang telah banyak mengalami banyak sekali bentuk perubahan dan penyempurnaan kegunaannya. Tahun 1930 merupakan tahun dimana konsep dari komputer serba guna menjadi bagian dari lahirnya komputer modern masa kini dimulai dengan perkembangan perangkat keras (hardware) yang menuntut pula perkembangan penggunaannya di dalam perangkat lunak (software) serta penggunanya (brainware). Sejarah perkembangan hardware komputer dari berbagai generasi dapat dijelaskan seperti berikut:

  • Generasi Komputer Pertama (1946 - 1959)
  • Komputer generasi pertama dibuat dengan sangat sederhana dengan bentuk ukuran fisik yang besar, membutuhkan tenaga listrik yang besar dan menggunakan komponen hampa udara (vacuum tube), contoh MARK I, IBM 702 dan UNIVAC II.
  • Generasi Kedua (1959 – 1965)
  • Pada generasi ini dikembangkan penggunaan teknologi transistor dan bahasa tingkat tinggi sebagai bahasa komputer pertama sehingga mempunyai kecepatan yang lebih dibandingkan generasi pertama, misal NCR 300, GE 200 dan IBM 7080.
    Terimakasih atas kunjungannya dan tunggu postingan lagi dari Team Blog...
    Wassalamualaikum Wr. Wb

0 komentar:

Posting Komentar